8 Hal yang bisa di lakukan di Derawan

Bulan lalu saya mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi Derawan selama 3 hari 2 malam. Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Derawan terkenal dengan keindahan biota laut dan keberagaman pulaunya yang sangat beraneka ragam yang pasti akan memanjakan mata kita.
Untuk mencapai ke Derawan, jarak yang di tempuh lumayan jauh. Dari bandara Soekarno Hatta, saya mengambil flight jam 5 pagi. Tiba di Bandara Balikpapan sekitar pukul 08.00 lanjut transit dan tiba di Bandara Kalimarau sekitar pukul 10.00.

Selanjutnya harus menempuh jalur darat selama +- 3 jam sampai di pelabuhan Tanjung Batu. Jalanannya sudah bagus di aspal, yang bikin horor karena jalanannya sangat sepi. Terbentang hutan-hutan belantara yang tidak akan kita temui di Jakarta :D.

Saya tiba di Pelabuhan Tanjung Batu sekitar pukul 01.00 lalu di lanjutkan naik speedboat menuju Pulau Derawan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

WOW!!!itulah kesan saya pertama tiba di Derawan. Pemandangan yang di suguhkan sungguh bikin diri ingin berlama-lama di Derawan dan tak ingin balik ke Jakarta :D. Berikut 8 Hal yang saya lakukan selama di Derawan :

  1. Bersantai ria di Derawan Dive Resort

    Hal pertama yang bisa di lakukan yaitu santai-santai bermalasan menikmati resortnya. Bisa mulai dari jalan-jalan sekitar rumah apungnya dan menyusuri pantai putih dekat resort itu. Di sekitar resort banyak tempat-tempat yang bagus untuk spot foto-foto dan instagramble 😀

  2. Sunset di Kampung Wisata Bahari

    Sorenya bisa lanjut jalan-jalan ke Kampung Wisata Bahari untuk menikmati langsung matahari yang akan mengucapkan salam perpisahan untuk hari ini *sunset hehe.  Jika jalan kaki waktu tempuh bisa sekitar 20 menit. Di sekitar resort ada yang menyewakan sepeda untuk digunakan keliling pulau dengan tarif 20ribu untuk 1 jam.

  3. Sunrise di Pulau Derawan

    Keesokan harinya bisa menikmati matahari mengucapkan salam perjumpaan *sunrise dari kamar penginapan. Saran saya jika ingin menikmati lebih sunrise di Derawan, bisa eksplore di sekitar pantai putih dekat resort karena pemandangan sunrise nya sangat indah.

  4. Eksplore Pasir Putih Pulau Maratua

    Destinasi wajib ketika di Derawan yaitu berkunjung ke Pulau Maratua. Disini terbentang pasir putih yang sangat luas dan masih bersih. Disini adalah spot utama jika ingin berfoto-foto ria dan bermain pantai karena masih sepi jadi kita bisa menikmati seperti pulau pribadi.

  5. Berenang di Goa Halo Tabung

    Tidak jauh dari Maratua, terdapat goa air jika ingin menguji adrenalin loncat dari atas goa nyebur ke bawah. Namanya Goa Halo Tabung dengan ketinggian sekitar 5 meter. Air di dalam goa akan terlihat seperti menyala dalam kegelapan saking beningnya.

  6. Snorkeling dan Berburu Jellyfish di Pulau Kakaban

    Destinasi selanjutnya yaitu Pulau Kakaban. Di dalam pulaunya terdapat Danau Kakaban yang di huni ribuan ubur-ubur. Ada berbagai macam ubur-ubur mulai dari yang warna orange, ada juga yang transparan. Untuk bisa berfoto dengan ubur-ubur ini di perlukan guide yang akan memandu ubur-ubur ini ke tangan.

    Di Sekitaran pantai Kakaban, ada spot snorkeling yang sangat bagus dengan warna laut yang sangat biru dan biota laut, karang yang belum rusak.

  7. Penangkaran Penyu dan Keindahan Pasir Putih di Pulau Sangalaki

    Bertolak ke Pulau Sangalaki sekitar 30 menit, akan di jumpai tempat penangkaran penyu. Disitu juga terdapat pasir putih yang sangat indah dan bersih untuk melepas penyu.

  8. Berburu Manta

    Dan yang terakhir di penghujung eksplore Pulau Derawan adalah berburu ikan pari Manta. Searah dengan perjalanan balik ke resort, ada satu spot dimana banyak ikan Manta berlalu lalang. Beruntungnya saat itu banyak ikan Manta yang lewat.

     

Keindahan derawan tidak cukup terwakilkan dengan lensa kamera semata. Bagi para traveller, Derawan merupakan salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi dan menyaksikan dengan mata sendiri keindahan surga tersembunyi di Kalimantan Timur 🙂

Video :

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s