Day 3 : Gion District

Gion District

Gion area merupakan kawasan distrik dimana kita bisa melihat Geisha. Dikutip dari wikipedia, Geisha (atau geiko di Kyoto dialek) adalah penghibur profesional yang menghadiri tamu saat makan, jamuan makan dan acara-acara lainnya. Mereka dilatih berbagai ilmu tradisional Jepang, seperti tari dan musik, serta dalam seni komunikasi.

Saya tiba di Gion sekitar pukul 2 siang. Jarak antara Kiyomizudera ke Gion tidaklah jauh sebenarnya, sekitar 1 km. Dengan menggunakan subway bisa ditempuh hanya dengan 2 menit. Saya saat itu memilih untuk jalan kaki karena ingin menikmati perjalanan. Tetapi waktu itu timing saya tidak pas karena cuaca saat terik-teriknya sekitar jam 1, sehingga saya rekomendasikan kepada teman-teman lebih baik memilih naik subway atau bus daripada jalan kaki 😀

Ketika tiba di daerah Gion, saya menemukan kuil yang tidak ada dalam itinerary saya. Karena penasaran saya sempatkan mampir ke kuil tersebut, yang bernama Yasaka Shrine. Saya pun melihat-lihat sebentar di sekitaran kuil tersebut, tetapi tidak sampai masuk ke dalam karena ternyata harus bayar tiket masuk terlebih dulu.

Shirakawa Area

Setelahnya saya melanjutkan menuju tempat yang ingin saya kunjungi pertama kali yaitu Shirakawa Area. Menurut info yang saya baca dari situs pariwisata Jepang, area ini merupakan area dimana kita akan sering melihat Geisha. Untuk menemukan area ini saya sempat nyasar karena banyaknya jalan-jalan kecil disini. Berikut ilustrasi sederhana yang saya dapatkan dari situs japan-guide.com

Ketika saya tiba di jalan kecil menuju Shirakawa area saya cukup beruntung karena saya secara tidak sengaja bertemu dengan geisha yang sedang lewat. Satu hal yang perlu di perhatikan sekali bahwa jika ingin mengambil foto geisha harus dengan ijin/sepengetahuan geisha tersebut karena itu merupakan tata krama di daerah tersebut.

Kesan saya ketika sampai di shirakawa adalah tempatnya sangat sejuk, nyaman, segala sesuatu tertata dengan rapi, sepi dan terlihat masih menjaga budaya tradisional nya. Jarang saya temukan sampah yang berserakan. Saya pun menyempatkan untuk duduk dan istirahat sebentar di samping sungai shirakawa sambil menikmati gemericik air sungai dibawah pohon rindang nan sejuk :). Tempat ini saya rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin istirahat sejenak dan menikmati ketenangan.

 

Hanami-Koji Street

Tujuan saya selanjutnya yaitu Hanami-Koji street yang merupakan tempat yang paling populer di Gion District ini. Disini terdapat berbagai macam restauran dan cindera mata khas Kyoto. Sejujurnya saya kurang menikmati saat sampai disini karena terlalu ramai orang yang berlalu lalang dan juga banyak mobil yang melintas. Bahkan untuk jalan saja susah, apalagi saya pun tidak berani mencicipi restauran disini karena tidak tahu kehalalannya. Singkatnya, tempat ini adalah surganya bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi makan di kedai khas rumah tradisional Kyoto. Di ujung jalan ini terdapat venue yang bernama Gion Corner. Disini merupakan tempat dimana kita bisa menonton pertunjukan tradisional jepang seperti tarian, musik, tea ceremony, ikebana, bunraku,etc. Sayangnya karena tiket masuknya relatif mahal, saya pun cuma melihat dari luar saja.

Kenninji Temple

Tiba di ujung jalan Hanami-koji, lagi-lagi sampai di kuil yang tidak ada dalam itinerari saya. Berhubung masih ada waktu sebelum ke destinasi selanjutnya, saya pun akhirnya penasaran dan sempatkan masuk ke area kuil karena gratis juga :D. Menurut wikipedia, Kenninji Temple merupakan kuil budha zen yang termasuk dalam salah satu dari 5 kuil Zen yang paling penting di Kyoto. Untuk masuk ke dalam kuilnya, ada tiket masuk nya lagi, dan seperti biasa karena keterbatasan budget saya pun hanya melihat di sekitaran kuil saja.


2 thoughts on “Day 3 : Gion District

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s