Surga Indonesia Timur – Pulau Kanawa

Tanggal 31 Okt – 2 Nov 2016 kemarin, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri JPP (Joint Planning Program) meeting yang diadakan di Labuan Bajo, Flores . Singkat cerita, saya beserta rombongan berangkat pukul 4 pagi wib dengan menggunakan maskapai lion air dan transit di Bali terlebih dulu lalu di lanjutkan dengan maskapai wings air untuk bertolak ke Labuan Bajo. Sekitar pukul 10 wita, kami tiba di bandar udara Komodo. kesan saya pertama kali menginjak tanah flores adalah panas yang sangat terik. Cuaca di flores jauh berbeda dengan di jawa karena sepanjang perjalanan menuju hotel yang terlihat adalah tanah gersang yang menyebabkan warga setempat kesusahan untuk bercocok tanam.

hari pertama kami menginap di hotel Jayakarta yang merupakan salah satu hotel bintang 4 di daerah sana. Seharian penuh agenda kami adalah rapat konsolidasi, sehingga belum ada eksplorasi di hari pertama. Akan tetapi, view dari hotel cukup bisa mengobati rasa penasaran kami dengan keindahan Labuan Bajo.

Pulau Kanawa

Di hari ke 2, kami di ajak menyeberang ke Pulau Kanawa untuk snorkeling. Perjalanan dari satu pulau ke pulau-pulau terpencil di Labuan Bajo perlu menggunakan kapal wisata. Sebagian besar penduduk di sini bermata pencaharian sebagai pemandu wisata atau nelayan. Pertumbuhan ekonomi disini tertolong berkat banyaknya investor-investor dari luar negeri yang memajukan pariwisata disini. Agak miris sebenarnya karena yang lebih perhatian malah bukan dari negeri sendiri :).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Kapal yang di sewa oleh rombongan kami

Fasilitas yang terdapat di dalam kapal terbilang lengkap. ada sekitar 10 kasur dengan dilengkapi AC, ada meja tengah untuk santai dan makan, kamar mandi ada 2 lengkap dengan toilet, dan juga dapur. Listrik sudah pasti ada untuk recharge smartphone :D.

Perjalanan dari labuan bajo sampai ke pulau kanawa di tempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Sepanjang perjalanan saya terkesima dengan betapa eloknya keindahan laut di kawasan labuan bajo ini. Sepanjang mata melihat terhampar lautan biru nan indah di selingi pulau-pulau kecil yang menggoda kami untuk narsis berfoto-foto 😀

Sekitar pukul 10.30 kami sampai di Pulau Kanawa. Pulau Kanawa sendiri merupakan private island yang disewa oleh orang Italia. Hanya di beberapa titik pantai yang diperbolehkan untuk umum, sisanya untuk naik ke bukitnya tidak di perbolehkan. Kesan pertama sampai disini adalah pantai putih bersih, airnya jernih hijau dengan banyak terumbu karang, masih sepi dan asik tempatnya untuk escape  dari kebisingan Jakarta 🙂

Puas foto-foto saya lanjutkan snorkeling saat matahari berada di atas kepala. Kebayang betapa panasnya. Tapi itu semua terbayar karena snorkeling di pulau kanawa airnya jernih sekali dan ikannya banyak bervariasi terlihat jelas. Ikannya juga tidak takut dengan manusia jadi seperti  bisa untuk memegang ikannya. Sayang sekali saya lupa tidak membaca yi-cam saya sehingga tidak ada foto sewaktu snorkeling.

Puas snorkeling, sekitar jam 10.30 kami melanjutkan ke destinasi selanjutnya yaitu pulau Komodo untuk melihat sang dinosaurus purba yang masih bertahan sampai sekarang, si “Komo”-do 😀