Day 3 : Menjelajah Kota Tua Kyoto (Fushimi Inari Shrine)

Hari ke-2 di Jepang, saya lanjutkan dengan menjelajahi kota yang terkenal dengan berbagai macam keindahan dan kemegahan kuil-kuilnya, yaitu Kyoto. Kyoto dahulunya merupakan ibukota negara Jepang pada tahun 794 – 1868 sebelum pindah ke Tokyo. Kyoto terletak di tengah pulau Honshu.

nihonlettou
Letak Kyoto

Kamis 30 April 2015 06.00, pagi itu di kasur hostel saya merasakan badan saya pegal-pegal semua gak karuan efek dari mengelilingi sebagian besar kawasan Osaka dengan jalan kaki. Kalau di total mungkin ada sekitar 10km saya jalan kaki. Untungnya saya bawa minyak urut dari Indonesia untuk antisipasi hal-hal seperti ini :D. Selesai mandi, packing keperluan untuk menjelajahi Kyoto, lalu sarapan  sebentar di dapur umum hostel dan ternyata sudah ramai sekali dengan traveler dari negara lain. Saya pun hanya minum secangkir teh hijau hangat untuk menghemat waktu. Target saya hari 1 di Kyoto adalah Fushimi Inari Shrine, Kiyomizudera Temple, Gion Disctrict, Philosoper Path, Ginkakuji Temple dan Kyoto Tower. Yup list yang cukup panjang untuk di kunjungi dalam waktu satu hari 😀

Secangkir kopi hijau yang menemani pagi hari di Kyoto

Fushimi Inari Shrine

Dari hostel saya jalan kaki menuju stasiun subway terdekat yaitu Stasiun Tofukuji. Saya berangkat sekitar pukul 8 dan ternyata masih sepi jalanan gang di Jepang. Kiri kanan tampak rumah-rumah yang tertata rapi. Sungai nya pun sangat bersih sekali.

Sekitar 15 menit saya pun sampai di Stasiun Tofukuji. Karena saya sudah membeli Kansai Thru Pass, selama itu bukan kereta JR saya bisa menaikinya langsung. Perjalanan ke Stasiun Fushimi Inari ditempuh kurang lebih 5 menit karena cuma 2 kali pemberhentian.

Fushimi Inari Shrine merupakan kuil penganut agama shinto di Jepang yang terkenal dengan sebutan Kuil Ribuan Gerbang. Julukan ini dikarenakan di sepanjang jalan menuju puncak bukit akan ditemui banyak gerbang kuil yang jumlahnya tak terhitung. Ketika mulai memasuki kawasan kuil, saya di sambut oleh sebuah gerbang besar bernama Romon Gate.

Setelah melewati Romon Gate akan terlihat bangunan Main Shrine-nya. Di Main Shrine ini lah lokasi penganut agama Shinto menjalankan ibadah mereka. Selain itu disini banyak toko-toko yang menjual pernak-pernik khas Inari seperti gerbang kecil yang menurut kepercayaan warga setempat keinginan kamu bisa dikabulkan apabila di tulis di gate kecil terserbut. Cara lain untuk mewujudkan keinginan kamu yaitu dengan menulis di gulungan kertas kecil lalu di lipat di pagar yang sudah di sediakan disitu. Saya sendiri tidak mencobanya karena harus membayar :D. Di belakang Main Shrine terdapat jalan setapak yang digunakan untuk naik ke bukit Inari.

Setelah puas berputar-putar sejenak di Main Shrine, saya melanjutkan ke jalur tracking untuk naik ke puncak bukit. Di jalan menuju bukit inilah terletak banyak sekali gerbang-gerbang berwarna orange sehingga disebut seribu gerbang.

Sekitar 1 jam saya sampai di puncak bukit Inari. Wow!!! dari puncak bukit bisa terlihat dengan jelas panorama kota Kyoto yang memukau. Alangkah indahnya kalau saya datang saat bunga sakura bermekaran 😀

Puas menikmati kota Kyoto dari atas bukit, pukul 11.00 saya memutuskan untuk turun. Karena tinggal turun gak lebih dari 30 menit saya sudah tiba di Main Shrine tadi. Untuk kembali ke stasiun Fushimi Inari dan melanjutkan perjalanan ke Kiyomizudera Temple saya menggunakan jalur pulang yang berbeda dengan jalur kedatangan. Di sepanjang jalur pulang itu banyak yang jualan pernak-pernik dan juga yang penting kulineran Jepang yang murah-murah :D. Saya pun mencoba banana cake dan onigiri untuk makan siang.