3D2N Sangiang Island

Letak Geografis

Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang terletak di antara Banten dan Lampung. Untuk bisa ke pulau tersebut di perlukan waktu tempuh +-60 menit dengan menggunakan perahu motor kecil dari pelabuhan Paku Anyer. Apabila berangkat dari jakarta bisa ditempuh dengan menggunakan mobil sampai pelabuhan Paku Anyer +-2.5 jam jika lancar.

Perjalanan Jakarta – Pelabuhan Paku Anyer – Pulau Sangiang

Rombongan kami sebanyak 7 orang berangkat dari Jakarta sabtu dini hari sekitar pukul 00.30 menggunakan mobil. Perjalanan relatif lancar tidak kena macet panjang yang biasanya menjadi sebuah rutinitas pasti apabila terdapat libur panjang (terdapat libur tahun baru china pada hari seninnya 8 Feb 2016). Perjalanan ditempuh +- 2.5 jam dan sekitar pukul 02.30 kami sudah tiba di Pelabuhan Paku Anyer. Karena kapal penyeberangan untuk ke Pulau Sangiangnya baru jalan paling cepat pukul 07.00, sehingga kami memutuskan untuk tidur dulu. Di pelabuhan tersebut ada juga yang membuka warung kopi, jadi seandainya ada yang kelaparan bisa memesan mie rebus di warung tersebut.

Pukul 04.00 sudah banyak rombongan yang datang untuk menyeberang ke Pulau Sangiang, ada yang memakai mobil pribadi ada juga yang menggunakan angkot. Sambil menunggu kapal penyeberangan datang, saya tiduran di bilik depan warung kopi karena ngerasa gak nyaman tidur dimobil desak-desakan. Bangun tidur alangkah takjubnya saya dengan pemandangan sunrise di pagi itu. Cuaca yang cerah, warna orange yang menyegarkan mata ditambah dengan gerombolan awan yang seakan menari-nari memperindah suasana pagi hari itu.

DCIM100MEDIA
Sunrise Pelabuhan Paku Anyer

Selesai sarapan di warung sekitar situ, pukul 07.00  kami mulai di briefing oleh tour guide kami. Bersama kami ada juga rombongan lain yang rata-rata memilih paket 2D1N dan ternyata ada juga wisman yang ingin mengunjungi Sangiang. Ternyata plan untuk rombongan kami berubah yang semula hari 1 akan full snorkling menjadi acara bebas dan tracking karena ramenya pengunjung yang akan snorkling hari pertama. Selesai briefing, kami pun bersiap menaiki kapal ke Pulau Sangiang yang di tempuh sekitar 1 jam.

Kapal penyeberangan ke P. Sangiang

day 1 : pesona pantai pasir panjang